Contoh Makalah High School Tax Competition (HSTC Jatim II Surabaya Jatim)


STUDI MENGENAI PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN DASAR PAJAK PADA SISWA SMK NEGERI 2 PACITAN SEBAGAI GAMBARAN
 TENTANG PEMAHAMAN PAJAK
 PADA KALANGAN PELAJAR
  



Oleh :
Yashinta Agil Purwanto
NIS   : 6704/3111.119


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2
 PACITAN
2010


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah

Saat ini kata “pajak” merupakan kata yang tidak asing lagi bagi kita. Hampir disemua media cetak maupun elektronik, telah terpampang kata “pajak”, baik hanya sekedar iklan ataupun pemberitaan mengenai kasus-kasus pajak. Pemerintah telah menggembor-gemborkan berbagai macam slogan untuk memberikan informasi mengenai pajak kepada semua lapisan masyarakat. Tetapi seiring dengan diucapkannya slogan dalam iklan, kasus pelanggaran pajak di negara kita juga ikut marak terjadi. Mulai dari kasus yang ringan, seperti keterlambatan membayar pajak, kasus pengusaha yang enggan membayar pajak sampai mafia pajak. Hal seperti ini sangat disayangkan oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.
Fungsi pajak sebenarnya sangat mulia tetapi karena banyak masyarakat yang kurang memahaminya sehingga banyak masyarakat yang tidak membayar pajak. Mereka mungkin belum paham benar, mengenai arti pajak buat pembangunan di negara kita. Atau bahkan mereka belum tahu dimana mereka harus membayar pajak dan bagaimana mengurusnya.
Rutinitas yang terlalu padat membuat mereka tidak sempat untuk mempelajari/ mencari tahu mengenai pajak. Mereka tidak akan ambil pusing soal sudah atau belumkah mereka membayar pajak. Bagi mereka mempelajari pajak hanya membuang-buang waktu dan fikiran saja. Hal seperti ini tidak akan terjadi jika, sewaktu mereka masih duduk dibangku SMK/ SMA, mereka dibekali pelajaran mengenai pajak. Karena para siswa adalah calon wajib pajak di masa depan (future tax payer), sehingga pemberian materi pajak sebenarnya sangat penting.
Khusus bagi SMK, yang bertujuan menghasilkan lulusan yang siap kerja, baik di dunia bisnis, industri, perdagangan, maupun wirausaha. Siswa adalah calon wapa yang menjadi sasaran pembelajaran, yang nantinya akan mereka terapkan setelah lulus dan berpenghasilan. Dengan kata lain masa SMK adalah masa yang tepat untuk memperkenalkan pajak kepada siswa dengan memberikan pelajaran mengenai pajak.
Pada kesempatan kali ini, penulis mencoba untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai pajak pada siswa SMK Negeri 2 Pacitan yang terdiri dari 5 kompetensi keahlian yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Akomodasi Perhotelan dan Agribisnis Perikanan dimana penulis berharap hasil yang diperoleh dapat dijadikan gambaran mengenai pemahaman pajak pada kalangan muda.

1.2. Pembatasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada :
1.      Pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai pajak
2.      Siswa kelas X, XI, XII SMK Negeri 2 Pacitan tahun pelajaran 2010/2011

            Perumusan Masalah
Bagaimanakah pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai pajak pada siswa SMK Negeri 2 Pacitan tahun pelajaran 2010/2011  ?

1.4. Tujuan Penelitian
Mengetahui seberapa jauhkah pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai pajak pada siswa SMK Negeri 2 Pacitan tahun pelajaran 2010/2011.

1.5. Manfaat Penelitian
1.      Sebagai wacana  dan informasi mengenai seberapa jauh pemahaman pajak pada siswa-siswi SMK Negeri 2 Pacitan khususnya dan sekolah menengah umumnya.
2.      Sebagai dasar pertimbangan untuk memasukkan materi perpajakan pada pelajaran di tingkat SMA/SMK

(Read Continue..? Call me Yashinta AP (TPL APP 087758990069)

0 komentar: