Tiwul Instan Khas Pacitan Sang Penyelamat Dunia

Tiwul merupakan makanan khas Kab. Pacitan, yang terbuat dari tepung ketela alias "gebing" yang dihaluskan. Tiwul Instan adalah generasi penerus dari tiwul tradisional. Kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan telah mengubah pemikiran segelintir masyarakat Pacitan untuk mengubah kerumitan pembuatan tiwul tradisional menjadi tiwul instan yang elegant. Mengusung healthy life style, maka tiwul yang biasa dinikmati hanya sebagai makanan pantai, yang telah menjadi tradisi jika berkunjung ke Pantai Teleng Ria Pacitan, harus menikmati nasi tiwul beserta bala tentaranya, yaitu ikan asin "gereh", krawon alias urap, sambal trasi, ikan laut balut tepung ketela,, nyam nyamm,,, kini tersedia tiwul instan, yang sehat, berkualitas, pas mantab untuk remaja yang ingin diet, dan tentunya harganya terjangkau.
Tiwul instan juga dapat mencegah penyakit mag, dan baik untuk penderita diabetes. Karena kadar gula yang rendah. Tiwul Instan terbuat dari Ketela Pohon haril pertanian rakyat Indonesia, bukan hasil Import.... harus bangga..! Di Pacitan sendiri, sedang digalakkan budaya menanam ketela pohon, karena manfaatnya yang semakin kelihatan. Proses pembuatan tiwul instan yaitu mulai dari ketela pohon yang telah dikupas, direndam kurang lebih 2 malam, kemudian di jemur hingga kering, dan dihaluskan menjadi tepung ketela. Proses perendaman dimaksudkan untuk mengurangi racun. Setelah menjadi tepung ketela pohon, selanjutnya mulai proses pembuatan tiwul,, seperti pembuatan tiwul tradisional, tepung diberi air secukupnya hingga terbentuk gumpalan besar, kemudian gumpalan tersebut di ayak di sebuah wadah atau nampan, hingga terbentuk gumpalan-gumpalan kecil. Setelah terbentuk gumpalan-gumpalan kecil, selanjutnya tiwul dikukus hingga tiwul berwarna kuning kecoklatan. Agar tercipta tiwul yang berkualitas, maka kualitas tepung sangat berpengaruh, kualitas tepung terbaiklah yang dibuat menjadi tiwul instan. Setelah proses pengukusan, maka saatnya proses pengeringan, dengan menggunakan alat pengering sehingga diproleh butiran-butiran tiwul kering dan siap dikemas. Tiwul Instan original adalah tiwul instan tanpa rasa-rasa. Tiwul Instan bisa dikolaborasikan dengan penambahan rasa-rasa, misal rasa berbique,, pedas, dan lain-lain. Untuk khusus Tiwul Instan Kesehatan, maka ditambahkan berbagai vitamin yang berguna bagi tubuh, dengan komposisi yang terstandar.
Tiwul Instan diprediksi akan menjadi produk olahan, yang bersaing dan akan membuat Malaysia iri, tapi jangan kwatir,,, tiwul instan akan segera di hak patenkan menjadi makanan khas Kab. Pacitan.. semoga saja Amien... Salam Sukses Consultant IKM Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta Kementerian Perindustrian. :)

0 komentar: