Contoh Sederhana Business Plan Nasi Goreng


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Mencetak para wirausaha baru yang mampu bersaing dan memberikan inovasi bagi dunia perindustrian Indonesia, tentunya menjadi tujuan diadakannya pendidikan di Akademi Pimpinan Perusahaan. Berbagai pembelajaran diselenggarakan untuk membentuk para mahasiswa APP yang siap untuk memulai usaha nantinya. Termasuk dalam upaya ini adalah diadakannya praktek per kelompok untuk membuat produk yang akan dipasarkan pada mata kuliah Kewirausahaan.
Dengan melalui proses diskusi dan pertimbangan dari kelompok, akhirnya kami memilih untuk memasarkan Nasi goreng dan Minuman seduh sachet-an yang kami beri brand Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco. Selain telah dikenal oleh banyak orang, kedua jenis barang konsumsi ini juga telah kami ketahui cara pembuatannya, sehingga dapat memudahkan kami dalam proses pemasaran dan produksinya.
Setelah penentuan jenis produk yang akan di produksi, berbagai aspek seperti perencanaan keuangan, proses produksi, strategi pemasaran dan manajemen SDM juga ikut ditentukan. Hal ini bukan saja untuk memenuhi standar dalam memulai usaha, namun juga sebagai langkah terencana yang akan memudahkan proses berwirausaha ke depannya.

B.       Rumusan Masalah
1.      Seperti apa manajemen SDM yang diterapkan dalam usaha Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco ini?
2.      Apa itu Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco, serta bagaimana proses produksinya?
3.      Seperti apa strategi pemasaran yang diterapkan?
4.      Bagaimana perencanaan keuangannya?
5.      Bagaimana analisis SWOT dari Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco?

C.      Tujuan Penulisan Laporan
1.      Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan di Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta.
2.      Untuk menjelaskan mengenai manajemen SDM yang diterapkan dalam pembuatan Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco.
3.      Untuk menjelaskan mengenai proses produksi Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco.
4.      Untuk menjelaskan strategi pemasaran dari Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco .
5.      Untuk menjelaskan mengenai perencanaan keuangan dalam pembuatan Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco.
6.      Untuk menentukan analisa SWOT dari Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco dilihat dari segi kita sebagai pembisnis dari kedua barang konsumsi tersebut.




Catatan: Untuk Laporan versi lengkapnya bisa dkirim lewat e-mail, thanxs :)

1 komentar: