Contoh Sederhana Business Plan Nasi Goreng
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Mencetak para wirausaha baru yang mampu bersaing dan
memberikan inovasi bagi dunia perindustrian Indonesia, tentunya menjadi tujuan
diadakannya pendidikan di Akademi Pimpinan Perusahaan. Berbagai pembelajaran
diselenggarakan untuk membentuk para mahasiswa APP yang siap untuk memulai
usaha nantinya. Termasuk dalam upaya ini adalah diadakannya praktek per
kelompok untuk membuat produk yang akan dipasarkan pada mata kuliah
Kewirausahaan.
Dengan melalui proses diskusi dan pertimbangan dari
kelompok, akhirnya kami memilih untuk memasarkan Nasi goreng dan Minuman seduh sachet-an yang kami beri brand Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso
Eco. Selain telah dikenal oleh banyak orang, kedua jenis barang konsumsi ini
juga telah kami ketahui cara pembuatannya, sehingga dapat memudahkan kami dalam
proses pemasaran dan produksinya.
Setelah penentuan jenis produk yang akan di produksi,
berbagai aspek seperti perencanaan keuangan, proses produksi, strategi
pemasaran dan manajemen SDM juga ikut ditentukan. Hal ini bukan saja untuk
memenuhi standar dalam memulai usaha, namun juga sebagai langkah terencana yang
akan memudahkan proses berwirausaha ke depannya.
B.
Rumusan Masalah
1. Seperti
apa manajemen SDM yang diterapkan dalam usaha Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso
Eco ini?
2. Apa
itu Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco, serta bagaimana proses produksinya?
3. Seperti
apa strategi pemasaran yang diterapkan?
4. Bagaimana
perencanaan keuangannya?
5. Bagaimana analisis SWOT dari Nasi
Goreng Roso eco dan Es Roso Eco?
C.
Tujuan Penulisan Laporan
1. Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Kewirausahaan di Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta.
2. Untuk
menjelaskan mengenai manajemen SDM yang diterapkan dalam pembuatan Nasi Goreng Roso
eco dan Es Roso Eco.
3. Untuk
menjelaskan mengenai proses produksi Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco.
4. Untuk
menjelaskan strategi pemasaran dari Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco .
5. Untuk
menjelaskan mengenai perencanaan keuangan dalam pembuatan Nasi Goreng Roso eco
dan Es Roso Eco.
6. Untuk menentukan analisa SWOT dari
Nasi Goreng Roso eco dan Es Roso Eco dilihat dari segi kita sebagai pembisnis dari kedua
barang konsumsi tersebut.
Catatan: Untuk Laporan versi lengkapnya bisa dkirim lewat e-mail, thanxs :)
nice post, thanks for sharing....
BalasHapus