Business Plan Gula Semut
BUSINESS PLAN
“DelCos” GULA SEMUT
Prod. By IKM PARAGUL (Pacitan Raja Gula)
OLEH :
YASHINTA AGIL PURWANTO
(2011.7.20006)
TENAGA PENYULUH LAPANGAN ANGKATAN 2011
AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN JAKARTA
TAHUN 2012
BUSINESS PLAN
GULA SEMUT PACITAN
(Granular Sugar of Pacitan)
“DelCos” (Delicious Coconut Sugar)
A. LATAR BELAKANG
Kebutuhan gula dalam negeri terus meningkat setiap tahun hingga mencapai 2,7 juta ton pada tahun 2007 sedangkan produksi gula nasional hanya 2,4 juta ton. Disisi lain Indonesia mempunyai sumber gula dari palma antara lain dari pohon kelapa, siwalan dan tanaman aren yang produktivitas dan rendemennya legih besar dari gula tebu. Data BPS (2007) menunjukkan bahwa produktivitas aren 1000 - 2000 ton/ha, tebu 6,08 ton/ha, adapun rendemen gula aren mencapai 12% dan gula tebu 7%. Oleh karena itu secara nasional gula aren maupun gula kelapa berpotensi menjadi salah satu produk substitusi gula pasir andalan di dalam negeri disamping dapat berperan untuk menekan ketergantungan terhadap impor gula.
Sebenarnya komoditas gula aren dan gula kelapa sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, namun penggunaannya masih terbatas dan dengan berkembangnya kebutuhan saat ini pemanfaatan gula tersebut semakin meluas bahkan sangat prospektif sebagai komoditas ekspor. Gula Aren / kelapa pada mulanya hanya diproduksi sebagai gula cetak, namun saat ini gula aren banyak dikonsumsi dalam bentuk gula bubuk atau dikenal sebagai gula semut. Gula semut memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan gula cetak yaitu bentuknya kristal dan mudah terlarut, dapat ditambahkan berbagai macam flavoring agent alami, nilai ekonomisnya lebih tinggi dan memiliki aroma yang khas serta gula semut memiliki umur simpan yang lebih lama (dengan kadar air 2-3% dengan pengemasan yang tertutup rapat). Bahkan selain dikonsumsi dalam negeri, gula semut juga diminati pasar ekspor terutama negara-negara Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Gula aren / kelapa dapat diterima pasar manca negara karena memiliki kandungan dan aroma yang berbeda dengan produk lain
B. IDE BISNIS
a. Nama Bisnis
Berhubungan dengan latar belakang di atas dan profesi penulis nantinya, yaitu sebagai TPL IKM (Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah) yang diharapkan bisa menjadi figur dalam merubah dan meningkatakan IKM yang berada di daerah masing-masing, penulis diharapkan mengetahui potensi apa saja yang dimiliki daerah masing-masing yang dalam hal ini adalah Kabupaten Pacitan sebagai daerah asal penulis. Juga menpunyai sebuah rancangan usaha yang berpotensi dan berdaya saing, untuk memajukan IKM yang berada di Pacitan. Rancangan usaha ini harus berdasarkan kondisi riil dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki daerah. Memperhatikan berbagai aspek penting, meliputi aspek sumber daya alam, keuangan, manusia, dan prospek bisnis.
Salah satu hasil pertanian unggulan yang pemanfaatannya kurang optimal di Pacitan adalah Kelapa. Selama ini Kelapa hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula jawa (cetak) yang dari segi finansial/ keuangan, harganya rendah. Padahal untuk bisa bertahan di era seperti ini, era menuju pasar bebas, bahwa kreatifitas sangat dibutuhkan. Wirausaha menjadi penopang perekonomian. Dengan adanya kreatifitas, inovasi, menciptakan produk bernilai ekonomis tinggi yang berdaya saing global, dan diminati oleh semua kalangan, maka kita tidak akan tergilas roda perekonomian yang semakin berputar begitu cepat. Pacitan mempunyai potensi untuk tampil sebagai pemimpin pasar, minimal di pasar dalam negeri.
Bisnis ini penulis rancang dengan bekerja sama dengan sentra-sentra IKM gula jawa yang sudah lama ada, dan dengan petani kelapa sebagai pemilik bahan baku produk. Usaha ini penulis beri nama IKM “PARAGUL” (Pacitan Raja Gula) dengan produk unggulan Gula Semut ber merk dagang (brand) “DelCos” (Delicious Coconut Sugar).
b. Uraian Bisnis
Usaha pembuatan gula semut sudah mulai banyak digeluti dan diminati oleh sejumlah kalangan di berbagai kota di luar Pacitan. Misalnya di daerah Gunung Kidul Jogjakarta, dan Kabupaten Blitar. Usaha gula semut memang mempunyai prospek yang sangat menjajikan dan tidak membutuhkan dana investasi yang besar. Tetapi dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk membuatnya menjadi produk unggulan berdaya saing global, elegant, berkualitas dan ramah lingkungan dengan mengusung konsep gaya hidup sehat (healthy life style). Usaha ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional, mengurangi impor gula, dan memberdayakan IKM, serta petani di pedesaan. Dan juga dalam hal ikut unjuk gigi di pasar Internasional. Peralihan dari gula jawa (gula merah cetak) menjadi gula semut, merupakan inovasi besar yang perlu dikembangkan.
Di Kabupaten Pacitan sendiri belum ada IKM yang memproduksi gula semut kelapa ini. Padahal di Kabupaten Pacitan potensi pertanian kelapanya sangat besar yaitu mencapai 23.960 ton di tahun 2011 ini mengalami peningkatan dari tahun 2009 yang hanya 18.137 ton. Dengan hasil kelapa yang sangat melimpah, maka sudah pasti jumlah pohon kelapa yang menghasilkan nira juga sangat tinggi, itu disebabkan karena Kabupaten Pacitan merupakan daerah Pesisir, dan merupakan tempat yang paling cocok untuk pohon kelapa bisa tumbuh. Batas ketinggian pohon kelapa bisa tumbuh adalah 1000 m di atas permukaan laut. Di atas ketinggian itu kemungkinan bisa tumbuh ada, tetapi pertumbuhannya tidak sebaik jika berada di bawah 1000 m di atas permukaan laut.
Usaha/ bisnis pembuatan gula semut sangat menjajikan, apalagi dikombinasikan dengan bahan lain yang mempunyai khasiat yang bagus untuk kehatan. Ini akan mendukung konsep produk yaitu healthy life style atau gaya hidup sehat. Jika dibandingkan dengan produk induknya yaitu gula jawa (gula merah cetak) maka dalam segi financial sangat-sangat menguntungkan. Keuntungan bisa mencapai dua kali lipat bahkan lebih, yaitu jika gula jawa harganya Rp 5.000,00 /kg maka gula semut bisa mencapai Rp 20.000,00 /kg dengan tambahan rasa, yaitu temu kunci, kunyit, kencur, jahe, kunyit putih, dan lengkuas, yang semuanya itu mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan.
c. Uraian Keunikan Bisnis
Gula semut adalah gula merah yang berbentuk serbuk atau tepung dikenal dengan nama Palm Sugar. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa, aren (enau), nipah, lontar, maupun tebu. Gula semut belum dikenal luas oleh masyarakat, karena harganya relatif mahal dan ketersediaannya di pasar tidak selalu ada. Tetapi gula semut ini memiliki beberapa kelebihan dari gula merah cetak yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masayarakat, diantaranya:
· Dapat disimpan dalam waktu kurang lebih dua tahun tanpa mengalami perubahan setelah dikeringkan dan dibungkus rapat.
· Mudah larut dan bentuknya menarik
· Nilai ekonomis lebih tinggi
· Memiliki aroma khas
· Bentuknya kering dan tidak lembek
Usaha ini juga mempunyai keunikan lain yaitu dalam segi pengemasan dan produksi. Kami menerapkan konsep ramah lingkungan. Untuk kemasan kami menggunakan plastik biodegradable yaitu plastik yang ramah lingkungan terbuat dari polimer alami atau biasa disebut dengan Polylactic Acid (PLA). Polylactic Acid (PLA) diproduksi melalui proses fermentasi gula atau starch oleh Lactobacillus menjadi lactic acid yang selanjutnya dipolimerisasi dengan bantuan panas dan katalis logam menjadi PLA. Polylactic Acid itu sendiri memiliki sifat tahan panas dan kuat, serta merupakan polimer elastik. Penggunaan plastik biodegradable belum banyak digunkaan oleh pelaku bisnis, karena kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan, padahal pemerintah menyediakan fasilitas bagi para pelaku bisnis untuk mengemas produk mereka dengan menggunakan plastik biodegradable.
C. VISI DAN MISI
a. Visi
Menjadi salah satu produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global, elegant, berkualitas, ramah lingkungan dengan mengusung konsep gaya hidup sehat (healthy life style).
b. Misi
1. Mengembangkan diversifikasi produk
2. Membuka jaringan pemasaran antar provinsi dan kota.
3. Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen,
4. Tetap menjaga kualitas dan selalu menjaga lingkungan,
5. Membudayakan makan makanan yang sehat dan berkhasiat,
D. FOKUS BISNIS
Bisnis ini bergerak dalam bidang manufaktur yaitu pembuatan makanan dan minuman. Khususnya minuman instan dan bahan makanan yaitu berupa gula. Gula Semut adalah produk pilihan kami. Bisnis utama yang di jalankan adalah pengolahan dan penjualan. Gula semut adalah generasi terbaru dari gula merah cetak. Ibaratkan gula merah cetak adalah induknya, maka gula semut adalah anaknya, yang mempunyai kualitas yang jauh lebih bagus dari induknya, karena dibuat dengan kombinasi bahan baku, kreatifitas, dan teknologi yang lebih bagus.
Untuk awal kami menggunakan teknologi yang sederhana, karena memang di Pacitan belum ada teknologi khusus untuk pembuatan gula semut. Bisnis ini merupakan pelopor, sehingga dibutukan dukungan dari semua pihak. Kerja sama dengan IKM Gula Merah Cetak yang telah lama ada, masyarakat sekitar, petani kelapa, dan Dinas Perindustrian di Kabupaten Pacitan serta lembaga keuangan yaitu koperasi untuk jangka pendek (pembiayaan mikro) dan bank untuk jangka panjang (pembiayaan makro).
E. SASARAN BISNIS
Dalam menentukan sasaran bisnis, penulis menganalisis dari berbagai sumber, baik itu dari media cetak maupun elektronik dan dengan menggali informasi dari orang-orang yang mengetahui tentang bisnis pembuatan gula semut. Dari berbagai media salah satunya internet, banyak sekali informasi mengenai usaha gula semut dan peluang pasarnya. Dari informasi tersebut, gula semut ternyata bukan hanya dinikmati oleh masyarakat dalam negeri saja, tetapi malah justru yang paling menyukai gula semut adalah wisatawan asing.
Gula semut juga harganya cukup mahal dibandingkan dengan gula jawa / gula cetak, dengan hal itu maka penulis menentukan sasaran bisnis yang menjadi fokus kami adalah masyarakat kalangan menengah ke atas. Sasaran bisni jangka pendek kami adalah membuat masyarakat kalangan menengah ke atas lebih peduli terhadap lingkungan dan kesehatan mereka dengan membeli produk kami, menjadi mitra bagi hotel-hotel di Indonesia sebagai pemasok gula semut. Dan sasaran jangka panjang akan lebih mengacu pada visi dari perusahaan kami.
Jika dilihat dari faktor daya beli, masyarakat kalangan menengah ke atas akan mempunyai daya beli yang lebih besar dari masyarakat kalangan menengah ke bawah. Tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat menengah ke bawah tidak mempunyai daya beli. Daya beli konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, selain dari segi finansial, juga mengenai aspek teknis dari produk yang ditawarkan itu sendiri. Misalnya mengenai kualitas produk, kemasan, augmented (nilai tambah), dan dari segi pemasarannya. Bagaimana produsen mengkomunikasikan produknya kepada konsumen, itu juga akan mempengaruhi daya beli konsumen yang bersangkutan (Schiffman,1997).
Trend juga menjadi perhatian penulis dalam menentukan sasaran bisnis. Sekarang ini trend “back to nature” sedang gencar digalakkan. Healthy life style yang menjadi konsep dari produk dan bisnis juga menentukan sasaran bisnis penulis.
Ini adalah tabel sasaran bisnis secara matematis berdasarkan SMART (Specific, Measurable, Achivable, Relevant, Time Bound).
Keterangan
Penjualan
|
Periode Operasi
| ||
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
| |
1. Prosentase Kenaikan produksi
|
-
|
5%
|
5%
|
2. Hasil Produksi (kemasan)
|
36.000
|
37.800
|
39.690
|
3. Harga per kemasan 100g
|
4.000
|
4.200
|
4.410
|
Total Penjualan (2x3)
|
144.000.000
|
158.760.000
|
175.032.900
|
Tahun
|
Sasaran Target Hasil Penjualan
|
Growth (%)
|
Sasaran Laba
|
Laba (%)
|
Growth (%)
|
2015
|
144.000.000
|
-
|
100.800.000
|
70%
|
-
|
2016
|
158.760.000
|
10,25 %
|
113.400.000
|
71,4 %
|
2 %
|
2017
|
175.032.900
|
10,25%
|
127.404.900
|
72,8%
|
2%
|
F. PASAR
a. Segmentasi Pasar dan Ekspetasinya
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Adapun cara-cara dalam memandang suatu pasar ada 2 yaitu Static attribute segmentation merupakan cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama,dan pendidikan.
Dinamic attribute segmentation merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.
Penulis menentukan segmentasi pasar dengan melihat dan menggabungkan kedua cara tersebut, yaitu static dan dinamic attribut segmentation. Dengan memperhatikan faktor demographic yaitu orang-orang yang mengalami masalah kesehatan misal obesitas, maag, nyeri pada saat haid, dan lain-lain. Wisatawan asing yang sedang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Indonesia, masyarakat lokal yang menerapkan gaya hidup sehat, ini berarti jika berdasarkan gabungan faktor geografis dan psikologis.
No
|
Segmen Pasar
|
Ekspetasi Pasar
|
1
|
Berdasarkan Gender
|
Semua Jenis Kelamin
|
2
|
Berdasarkan Pendapatan
|
Menengah ke atas
|
3
|
Berdasarkan Umur
|
Remaja dan Dewasa
|
4
|
Berdasarkan Wilayah
|
Lokal dan Interlokal
|
5
|
Berdasarkan Life Style
|
Orang-orang yang mempunyai gaya hidup sehat (healthy life style)
|
6
|
Berdasarkan Kebangsaan
|
WNI dan WNA (wisatawan asing)
|
b. Pasar Sasaran (Target Market)
Kegiatan menentukan target market disebut Targeting. Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis segmentasi. Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran. Kadang-kadang targeting juga disebut selecting karena marketer harus menyeleksi. Targeting adalah proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari perusahaan. Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien.
Yang menjadi Target Market utama kami adalah Wisatawan asing, sehingga Hotel di kawasan wisata dan kota-kota besar adalah market yang akan kita garap. Untuk langkah awal kami akan memperkenalkan produk kami di Kabupaten Pacitan terlebih dahulu, baru wilayah sekitar, seperti Jogja, Solo, Bali, Semarang, Surabaya, Gresik, Jombang, Tulungagung, Magetan, dan wilayah-wilayah yang mempunyai potensi wiatawan asing dan relasi yang memungkinkan ada, dan bisa diajak kerja sama.
Karena menurut data dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), menyebutkan bahwa di tahun 2011 kemarin wisatawan asing yang bekunjung ke Indonesia sebanyak 7,7 juta orang. Potensi pasar yang lumayan besar dan menjajikan.
c. Positioning
Positioning
|
Statement
|
Utama
|
Gula semut kesehatan khas Kab. Pacitan
|
Extended 1
|
Gula semut yang elegant
|
G. PRODUK
a. Nama dan Spesifikasinya
Sesuai dengan latar belakang diatas, saya penulis akan mencoba memulai usaha bisnis pembuatan gula semut dari gula kelapa. Alasan saya memilih gula semut bukan dari aren, tetapi menggunakan kelapa sebagai bahan dasar karena di saya berasal dari Kabupaten Pacitan yang hasil pertanian kelapanya sangat melimpah. Saya sebagai Tenaga Penyuluh Lapangan mempunyai sebuah tugas untuk mengembangkan IKM di daerah saya yaitu Kabupaten Pacitan.
Gula Semut Kelapa yang saya beri nama DelCos (Delicious Coconut Sugar). Ini merupakan Brand yang akan kami pakai untuk produk kami. Mengapa bukan menggunakan bahasa daerah yaitu Bahasa Jawa sesuai dengan bahasa masyarakat Kabupaten Pacitan, karena ini menyangkut dengan pasar jangka panjang yang akan kami tuju, yaitu pasar Internasional, atau dengan kata lain kami akan ekspor produk kami.
Gula Semut DelCos ini mempunyai banyak farian rasa, yaitu gula semut temu kunci, kunyit, natural, kencur, jahe, kunyit putih dan lengkuas. Selain tersedian farian rasa, Gula Semut DelCos mempunyai banyak sekali khasiat. Berikut adalah khasiat berdasarkan rasa gula semut yang penulis tawarkan:
Rasa Gula Semut
|
Keterangan
|
Khasiat
|
1. Gula Semut Temu Kunci
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon temu kunci,
|
· Melangsingkan tubuh
· Mencegah dan mengurangi keputihan
· Mencegah radang rahim, maag dan susut perut
|
2. Gula Semut Kunyit
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon kunyit
|
· Merawat dan menghaluskan kulit
· Membersihkan dan melancarkan darah
· Mengurangi nyeri haid, maag, kolesterol dan sakit kuning
· Menambah nafsu makan
|
3. Gula Semut Natural
|
Merupakan gula semut murni tanpa tambahan bahan komposit lain. Bisa digunakan untuk minum, masakan, pembuatan kue, bubur, dan es untuk restoran mewah yang bnyak diminati oleh WNA, tourist, dan wisatawan luar negeri.
|
· Memberikan sensasi rasa yang khas pada masakan
· Memperkuat rasa pada masakan dan minuman
|
4. Gula Semut Kencur
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon kencur
|
· Mencegah dan mengurangi ngeres/ pegel linu
· Mengurangi batuk dan encok
· Mngobati disentri dan sakit perut
|
5. Gula Semut Jahe
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon jahe
|
· Mencegah masuk angin
· Mengobati perut kembung
· Mencegah flu, batuk dan sebagai penghangat badan
|
6. Gula Semut Kunyit Putih
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon kunyit putih
|
· Mencegah dan membantu mengurangi penyakit kanker, tumor dan gejala dini stroke
|
7. Gula Semut Lengkuas
|
Dibuat dengan perpaduan dengan empon-empon lengkuas
|
· Meningkatkan vitalitas
· Mengatasi demam, reumatik, sakit kepala, radang tenggorokan dan memperbaiki pencernaan.
|
b. Kemasan Produk
Untuk kemasan, seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa kami menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Kemasan ramah lingkungan atau biasa disebut dengan sustainable packaging untuk produk makanan dan minuman kini telah muncul di Indonesia, seiring dengan maraknya isu mengenai pemanasan global dan isu-isu lain yang berhubungan dengan pencemaran ligkungan yang menjadi sebuah permasalahan penting tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Menurut riset Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, sampah plastik yang tebuang kini telah mencapai angka fantastis, yaitu sebanyak 26.500 to per hari.
Penggunaan kemasan ramah lingkungan untuk produk makanan dan minuman kini juga sudah menjadi sebuah tren internasional. Yang dimana, ide penggunaan kemasan ramah lingkungan ini sudah lebih berkembang terlebih dahulu di kalangan asing. Kini para pelaku industri di Indonesia, juga melihat hal ini sebagai peluang untuk mengembangakan dan mengkuti tren ini agar tidak tersisih dalam persaingan global. Selain itu penggunaan kemasan ramah lingkungan merupakan suatu keperluan yang harus diterapkan oleh setiap pelaku industri di Indonesia, mengingat saat ini dunia tengah diramaikan oleh isu-isu mengenai bahaya limbah yang berasal dari sampah produk tertama limbah plastik.
Plastik yang tidak ramah lingkungan yang umum digunakan selama ini adalah jenis plastik non-biodegradable (plastik yang secara biologis tidak dapat terurai). Namun sekarang pengembangan kemasan ramah ligkungan tertuju pada plastik biodegradable yang kini telah diadaptasi kegunaannya di kalangan produsen plastik untuk makanan dan minuman, karena memberikan alternatif serta solusi untuk permasalahan limbah di lingkungan dan juga pemanasan global yang terjadi sekarang ini.
Penulis menggunakan Kemasan Ramah Lingkungan atau plastik biodegradable karena sesuai konsep produk saya yaitu healthy life style. Plastik Biodegradable adalah sebuah teknologi yang canggih dalam perkembangan industri plastik dunia. Plastik biodegradable dapat dibuat dari polimer alami atau biasa disebut dengan Polylactic Acid (PLA). PLA diproduksi melalui proses fermentasi gula atau starch oleh Lactobacilus menjadi lactic acid yang selanjutnya dipolimerisasi dengan bantuan panas dan katalis logam menjadi PLA. Polylactic Acid itu sendiri memiliki sifat tahan panas dan kuat, serta merupakan polimer yang elastik. “Save the soil, save the Earth” menyelamatkan tanah, menyalamatkan bumi.
Kami juga menyediakan tas kertas ramah lingkungan, sehingga produk bisa dibawa kemana-mana, tanpa menggunakan tas plastik yang tidak ramah lingkungan yang berbahaya bagi lingkungan. Tas kertas ini merupakan tas daur ulang dan ramah lingkungan, yang penulis beri nama DelCos Green Lifestyle.
c. Gambar proses Produksi dan Tahapan Produksi
a) Cara Perolehan Nira
Nira diperoleh dengan cara menampung air tandan bunga dari pohon kelapa. Penampungan nira sebaiknya dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Setiap pohon kelapa dalam sehari semalam dapat menghasilkan 8-10 liter nira. Setelah diolah akan menghasilkan 4-5 kg gula semut.
Alat :
· Pisau atau sabit
· Tabung bambu atau jerigen
· Tali rafia
· Sabuk pengaman
Cara :
· Pilih tandan bunga yang masih kuncup, kemudian dibuka hati-hati dengan menggunakan pisau atau sabit.
· Setelah tandan terbuka semua, diikat dengan tali rafia agar tidak berhamburan.
· Selanjutnya tandan dirundukan dengan menggunakan tali yang diikatkan pada pelepah daun bagian bawah, dan dibiarkan demikian selama 3-4 hari.
· Penampungan atau penderesan dapat dilakukan dengan mengiris ujung tandan bunga. Setiap nira diambil, bunga diiris 0,5 cm dan nira yang keluar ditampung dengan tabung bambu atau jerigen yang sebelumnya diberi kapur sirih sebanyak 1 gram/liter nira atau kawau atau kulit manggis untuk mencegah nira tidak asam.
b) Pembuatan Gula Semut
Alat :
· Wajanbesar
· Kompor/tungku
· Pengaduk kayu
· Kain saring (blacu)
Bahan :
· Nira
· Gas (Bahan bakar)
· Minyak kelapa
· Ayakan ukuran 20 mesh
· Baskom plastik
· Pembungkus plastik
Bahan / Alat
|
Kegunaan
|
Tempat Memperoleh
|
- Nira
|
Bahan baku pembuatan gula
| |
- Kain Saring
|
Penyaring nira
|
Toko bahan/kain
|
- Baskom plastik
|
Penadah nira
|
Toko alat rumah tangga
|
- Wajan besar
|
Tempat memasak nira
|
Toko alat rumah tangga
|
-Kompor gas
|
Pemanas
|
Toko alat rumah tangga
|
- Ayakan ukuran 20 mesh
|
Pengayak gula kristal
|
Toko alat rumah tangga
|
- Tampah
|
Tempat hasil pengayakan
|
Pasar tradisional
|
- Pengaduk kayu
|
Pengaduk nira menjadi gula
|
Pasar tradisional
|
- Garpu kayu
|
Pengaduk nira yang mengkristal
|
Pasar tradisional
|
- Empon-empon (kunyit, jahe, temu kunci, dll
|
Untuk menambah rasa dan khasiat
|
Menanam atau Pasar tradisional
|
Cara pembuatan :
· Nira disaring dan ditempatkan di baskom plastik.
· Nira bersih dituang ke dalam wajan lalu dimasak dengan suhu pemanasan 110-1200C sambil diaduk sampai nira berwarna coklat dan mengental.
· Untuk menghindari busa yang berlebihan, masukkan minyak kelapa (minyak klentik) dengan perbandingan 10 gram (1 sendok makan) untuk 25 liter nira.
· Pemasakan dianggap selesai apabila tetesan nira kental bila dimasukkan ke dalam air berbentuk gumpalan atau serabut gula.
· Kemudian nira dalam wajan didinginkan sambil terus diaduk perlahan-lahan selama kurang lebih 10 menit. Diamkan beberapa saat sampai mengembang.
· Pengadukan diulangi dengan cepat memakai garpu kayu untuk memperoleh butiran-butiran kristal.
· Lakukan pengayakan untuk memperoleh butiran-butiran yang seragam.
· Kemudian dikemas dalam kantong plastik ramah lingkungan yang terbuat dari polimer alami yaitu Polylactic Acid (PLA).
Untuk pembuatan gula semut rasa-rasa, seperti gula semut temu kunci, jahe, kunyit dll, maka pada saat pemasakan ditambahkan bahan-bahan itu. Empon-empon seperti jahe, kunyit, dll bisa diperoleh dari menanam sendiri atau membeli. Empon-empon yang sudah dibersihkan dihaluskan dan diambil air/ saripatinya, dan dicampurkan dengan nira kelapa yang akan dimasak. Proses selanjutnya seperti yang telah penulis jelaskan di atas.
H. DISTRIBUSI
Distribusi produk dilakukan melalui darat dan laut. Distribusi darat dilakukan dengan angkutan seperti mobil box tertutup, tosa dan sebagainya khusus untuk wilayah Jawa. Sedangkan jalur laut dengan menggunakan kapal digunakan untuk distribusi produk ke wilayah luar pulau Jawa
a. Jalur Distribusi Produk
Tidak langsung :
Langsung:
Langsung:
Gudang dan Penyimpanan
Gudang bahan baku : dekat dengan tempat produksi
Gudang produk : dekat dengan outlet
c. Outlet dan Lokasi
Outlet terletak di dekat tempat produksi dan juga di beberapa tempat yang strategis, diantaranya :
· Pusat oleh-oleh (lokasi di dekat tempat wisata, perbatasan wilayah)
· Cabang berada di setiap kota/ provinsi di Indonesia, khususnya daerah wisata dan kota besar.
Lokasi perusahaan ada di Desa Purworejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Jawa Timur.
I. HARGA
a. Harga Pokok Produksi
No
|
Keterangan
Unit Produksi (bungkus @100 g)
|
Jumlah
100
|
Unit
|
Hg/Satuan
(Rp.)
|
Jmlh
Per hari
|
Jmlh/bln
(Rp.)
|
Total 1 tahun
(Rp.)
| ||
A.
|
Biaya Bahan Baku dan Pembantu
| ||||||||
1.
|
Nira Kelapa
|
25
|
Liter
|
500
|
12.500
|
375.000
|
4.500.000
| ||
2
|
Temu kunci
|
1
|
Kg
|
4.500
|
4.500
|
135.000
|
1.620.000
| ||
3
|
Kunyit
|
1
|
Kg
|
4.500
|
4.500
|
135.000
|
1.620.000
| ||
4
|
Kencur
|
1
|
Kg
|
4.500
|
4.500
|
135.000
|
1.620.000
| ||
5
|
Jahe
|
1
|
Kg
|
6.000
|
6.000
|
180.000
|
2.160.000
| ||
6
|
Kunyit Putih
|
1
|
Kg
|
5.000
|
5.000
|
150.000
|
1.800.000
| ||
7
|
Lengkuas
|
1
|
Kg
|
4.000
|
4.000
|
120.000
|
1.440.000
| ||
8
|
Minyak Klentik
|
0,25
|
Kg
|
2.000
|
500
|
15.000
|
180.000
| ||
9
|
Kemasan
|
100
|
bngkus
|
500
|
50.000
|
1.500.000
|
18.000.000
| ||
10
|
By. Bahan Bakar Gas
|
3
|
kg
|
5.000
|
-
|
15.000
|
180.000
| ||
11
|
Peralatan
|
433
|
13.000
|
156.000
| |||||
Jumlah Total Bahan Baku
|
91.933
|
2.773.000
|
33.276.000
| ||||||
B.
|
Biaya Tenaga Kerja Langsung
| ||||||||
1
|
Dirut
|
1
|
org
|
10.000
|
10.000
|
300.000
|
3.600.000
| ||
2
|
Kabag Pemasaran
|
1
|
org
|
5.000
|
5.000
|
150.000
|
1.800.000
| ||
3
|
Kabag Produksi
|
1
|
org
|
5.000
|
5.000
|
150.000
|
1.800.000
| ||
4
|
Kabag Keuangan
|
1
|
org
|
5.000
|
5.000
|
150.000
|
1.800.000
| ||
Jumlah BTKL
|
25.000
|
750.000
|
9.000.000
| ||||||
C.
|
Biaya Overhead Pabrik
| ||||||||
1
|
Biaya Pemeliharaan Gedung, dll
|
1.200
|
36.000
|
432.000
| |||||
2
|
Listrik, air, telp
|
500
|
15.000
|
180.000
| |||||
3
|
Biaya Penyusutan Peralatan
|
66
|
2.000
|
24.000
| |||||
Jumlah
|
1.766
|
53.000
|
636.000
| ||||||
TOTAL (A,B,C)
|
118.699
|
3.576.000
|
42.912.000
| ||||||
Jadi Harga Pokok Produksi @100 g adalah Rp 1.187 (118.699 : 100) atau bisa dibulatkan menjadi Rp 1.200 per 100 gram.
b. Harga Jual
Harga jual produk kami @100 gram adalah Rp4.000,00. Kami menetapkan harga sekian karena sudah melihat dan meniliti, bahwa gula semut di pasaran harganya berkisar antara Rp3.500,00- Rp5.000,00. Jika kami menetapkan harga di bawah harga pasar, maka kami justru akan mematikan citra gula semut itu sendiri. Pemberian harga sekian mungkin sebanding dengan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
Dengan harga jual Rp 4.000,00 maka keuntungan per bungkus adalah Rp. 2.800,00, itu berarti keuntungannya 233,33 %. Dengan keuntungan sekian, kita akan alokasikan untuk menambah modal, dan biaya tenaga kerja / gaji.
J. PROMOSI
a. Jenis Promosi
Dalam hal promosi penulis menekan biaya yang biasanya sangat besar, tetapi efeknya terhadap penjualan tidak banyak. Artinya tidak efektif dan efisien. Promosi melalui brosur, dan selebaran sepertinya sudah tidak jamannya lagi, dan dianggap primitif. Menghabiskan kertas, yang hanya akan menambah sampah bagi lingkungan, iklan dengan media elektronik seperti melalui TV dan Radio memang penting tetapi itu dilakukan jika usaha sudah besar, karena biaya promosi akan sangat tinggi dan tidak memungkinkan untuk IKM baru.
Kami akan menggunakan internet sebagai media promosi. Sosial network akan sangat banyak membantu, dengan anggaran biaya murah, tapi penjualan akan bisa langsung diukur. Semakin berkembangnya ilmu teknologi, siapapun bisa menjadi market leader di dalam komunitasnya. Internet yang semakin murah dan mudah diakses di manapun dan kapanpun. Era baru dalam dunia marketing new wave marketing (Hermawan Kertajaya), konsumen bukan lagi obyek penderita, tapi konsumen sebagai manusia yang dimanusiakan. Menjadikan dunia tempat yang lebih baik, adalah salah satu dari marketing 3.0 yang memiliki 3 kekuatan utama yaitu salah satunya internet yang semakin murah dan mudah. Low Budget High Impact adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis promosi yang akan digunakan.
Selain itu penulis akan menggunakan diskon harga sebagai promosi juga. Diskon ditujukan untuk membuat calon konsumen dan konsumen menajdi tertarik untuk membeli produk yang kami tawarkan. Kemudian dengan label dan papan nama di outlet. Kemasan juga bisa digunakan sebagai sarana promosi. Dengan kata lain promosi bisa menggunakan jenis media apa saja, di mulai dari kepribadian kita sebagai pengusaha, sampai hal teknis promosi. Tentu dengan biaya rendah tapi dampak yang besar dapat diperoleh.
b. Gambaran Materi Promosi
Materi promosi yang akan kami siapkan adalah pertama mengenai brand, kualitas produk, konsep produk, khasiat produk, dan augmented produk. Brand merupakan hal yang menurut penulis paling penting, tapi brand akan semakin penting jika didukung dengan materi-materi yang lain. Augmented yang kami tawarkan adalah jika pembelian lebih dari 200 bungkus maka, kami akan mengantarkan langsung. Bisa melalui pos untuk jarak yang jauh, jika jarak dekat masih di dalam Kabupaten Pacitan, kami akan mengantarkan sendiri. Kami juga akan memberikan konsultasi kesehatan gratis seputar produk kami, dan jamu-jamu tradisional.
K. KEUANGAN
a. Kebutuhan Modal Bisnis
Uraian
|
Jumlah (Rp)
|
Investasi
| |
- Sepeda Motor Rp11.000.000
| |
- Gedung Rp29.000.000
| |
- Tanah Rp40.000.000
| |
- Laptop Rp 5.000.000
| |
Total
|
85.000.000
|
Modal Kerja dan Bahan Baku
|
4.116.000
|
Total
|
89.116.000
|
b. Modal Awal yang Dibutuhkan
Modal Awal
|
Sumber
|
79.116.000 (87,4 %)
|
Modal Sendiri
|
10.000.000 (12,6 %)
|
Koperasi
|
c. BEP
BEP dihitung dengan dua cara, yaitu:
Pendapatan/ hari (TR)
|
100 x 4.000
|
Rp 400.000
|
Total Biaya Variable (TVC)
|
Rp 118.699
| |
Total Biaya Tetap (TFC)
|
Rp 89.116.000
| |
Harga jual @100 g (P)
|
Rp 4.000
| |
Variabel Cost (V)
TVC / 100
|
118.699 / 100 (dibulatkan)
|
Rp 1.200
|
BEP (a) @100 g
|
Rp 126.719.777
| |
BEP (b) @100 g
|
31.827 (bungkus)
|
Jadi titik impas (BEP) akan dicapai pada saat penjualan sebanyak 31.827 bungkus dengan nilai penjualan Rp 126.719.777. Dihitung dengan BEP dalam satuan produk, jika penjualan per hari 100 bungkus maka BEP akan dicapai pada kurang lebih 11 bulan. (31.827 / 100= 318,27 / 30=10,6). Dan jika di hitung berdasarkan rupiah hasil penjualan, maka BEP akan dicapai pada saat menghasilkan penjualan Rp 126.719.777. Jika penjualan per hari Rp 4.000 maka akan dicapai pada kurang lebih tahun mendatang (126.719.777 / 400.000= 316,7 / 30= 10,6).
Penjualan tidak harus per hari 100 bungkus @100 gram. Tapi bisa fleksible. Bisa juga menyasuaikan pesanan. Jika penjualan per hari lebih dari 100 bungkus @100 gram, maka BEP akan lebih cepat dicapai.
L. PERIJINAN
No
|
Jenis Ijin
|
Biaya Pengurusan
|
1.
|
Izin P-IRT
|
Rp. 70.000,00
|
2.
|
TDI, TDP, SIUP
|
Rp. 10.000,00
|
3.
|
HO
|
Rp.450.000,00
|
4.
|
NPWP
|
Rp. 10.000,00
|
Jumlah biaya perijinan
|
Rp.540.000,00
|
M. Sumber Daya Manusia
a. Struktur Organisasi
IKM “PARAGUL” merupakan Industri Kecil Menengah yang dirancang untuk menjadi perusahaan pelopor di tingkat Kabupaten Pacitan, dan dirancang dalam jangka panjang menjadi perusahaan dengan kapasitas produksi besar, memenuhi permintaan konsumsi dalam negeri dan luar negeri. Maka dari itu, harus dibentuk struktur organisasi yang jelas, efektif dan efisien, serta fleksible.
(struktur disembunyikan)
·
b. Jenis dan Jumlah Personil
Jabatan
|
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
Ketrampilan dan Keahlian Khusus
|
Pemilik
|
S1
|
1 orang
|
Komunikatif, tanggung jawab, dapat meyakinkan dan dipercaya semua orang, mampu memanage.
|
Kabag Pemasaran
|
S1
|
1 orang
|
Komunikatif, dapat mengemudikan motor, ahli dibidang IT
|
Kabag Keuangan
|
S1
|
1 orang
|
Ahli akuntansi perusahaan anufaktur dan ahli menganalisa keuangan perusahaan.
|
Kabag Produksi dan staffnya
|
S1
SMK
|
1 orang
4 orang
|
Dapat mengoperasikan mesin (teknisi), keahlian bidang produksi (pengolahan, packing)
|
Bermanfaaat sekali infonya, tapi saya saat ini sedang menjajagi bisnis gula kelapa biasa, yg permintaan pasarnya lebih besar. Klu ada infoar pengrajin gula kelapa besar di Pacitan tlg diinformasikan ke HP sy(081359259376), saya butuh dlm jml besar bila spesifikasi dan harga masuk. Makasih. CV. Duta Century Ponorogo.
BalasHapusterimakasih atas komentarnya,, :) nanti coba saya konfirmasikan k Dinas lg, sya blum tw pasti IKM yg mmproduksi gula jawa dlam jumlah besar dan spesifikasi harganya. tp kalau harga pda umunya 13 rb/kg. mhon maaf, kalau kurang berkenan, smoga brmanfaat. :) (TPL APP Dinas Koperindag Kab. Pacitan)
BalasHapusnumpang ya, saya TPL Jembrana-Bali dari STMI angkatan 2008. Saya sekarang menjadi pengrajin gula semut kelapa, kalau ada yang membutuhkan gula semut, silahkan hub saya...nursoleh15@yahoo.com 085695977351, Trimksh ya....salam kenal
BalasHapusMohon file pdf materi di atas, dapat di email ke saya : ade_embong@yahoo.co.id.
BalasHapusTrm ksh sebelumnya dan salam hormat.
Saya butuh gula kelapa dari pacitan.mgkn bisa suplay.? Harga per kg berapa skrg ya.tks sugino wonogiri 081393039888
BalasHapusSaya membutuhkan gula kelapa...domisili saya di Surabaya hub : 082131838080 Bp. Sucahyo
BalasHapusTerimakasih atas komentarnya dan sudah menyempatkan untuk membaca, jika membutuhkan file PDF nya bisa menghubungi 087758990069 terimakasih.
BalasHapus